Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru BK di UnMer Malang

Tanggal 20 Mei 2023 pengurus MGBK SMA Jember mendapatkan undangan untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru BK di Universitas Merdeka Malang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh MGBK SMA Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Merdeka Malang ini mengambil tajuk "Model Bimbingan dan Konseling Berbantuan Chat-GPT untuk Mengelola Adaptabilitas Karir Siswa" dengan narasumber Prof. Dr. Nur Hidayah,  M.Pd (Guru Besar FIP Universitas Negeri Malang). Dengan keynote speaker Bapak Nur Hasan S.Pd., M.Pd selaku Ketua MGBK SMA Prov. Jawa Timur dan Dr. Ana Mariani, S.Sos, M.Si selaku Dosen Unmer Malang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh peserta yang berasal dari perwakilan pengurus MGBK SMA Kabupaten yang ada di lingkungan provinsi Jawa Timur.


Dalam paparannya, narasumber menyampaikan tentang bagaimana layananan Bimbingan dan Konseling bidang Karir perlu mendorong siswa memiliki kemampuan untuk menjalani berbagai peran pekerjaan terkait dengan tuntuan pekerjaan yang sekarang makin beragam. Produk AI (Artificial Inteligent) atau kecerdasan buatan seperti ChatGPT bisa digunakan oleh Guru BK sebagai media dalam bimbingan bidang karir kepada siswa. Bagaimana strategi dalam menerapkan layanan BK bidang karir dengan bantuan ChatGPT dijelaskan secara cukup lengkap dalam kegiatan ini.

Materi 

Dokumentasi kegiatan :